Hardbox Custom Packaging

Desainer Grafis dan Percetakan Kemasan

Percetakan Kemasan

Cetak kemasan bukanlah sesuatu yang akan Anda lakukan sampai setelah proses desain kemasan selesai. Tetapi Anda harus bekerjasama dengan pihak percetakan juga sebelum dan pada saat mendesain. Menghubungi dan bekerjasama dengan pihak percetakan akan membuat Anda mengetahui biaya pencetakan kemasan lebih awal. Percetakan kemasan juga akan memberi Anda informasi spesifik yang dapat membantu desainer grafis Anda menyiapkan file yang diperlukan.

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Gambar dan Posisi Garis Potong Pisau Diecut

Jika Anda akan membuat kotak kemasan atau label berukuran standar, percetakan harus dapat menyediakan template garis potong pisau diecut sebagai panduan desain.

Persyaratan Format File

Apakah percetakan Anda akan membutuhkan file vektor. Apakah harus berupa file berlapis? Haruskah Anda memasukkan garis potong atau tidak? Desainer Anda harus menyediakan file siap cetak (biasanya Adobe Illustrator (.ai), Photoshop (.psd), PDF atau EPS). Anda mungkin tidak dapat membuka file-file ini jika Anda tidak memiliki software yang tepat, tetapi percetakan Anda akan dapat melakukannya. Desainer juga akan menyediakan maket visual dalam format PNG atau JPG (yang dapat dibuka oleh semua orang). Pastikan Anda memahami jenis-jenis file apa yang dibutuhkan sehingga Anda dapat menyediakannya kepada orang yang tepat.

Pilihan Warna

Beberapa percetakan kemasan akan dapat mencocokkan warna dengan warna Pantone apa pun. Lainnya (terutama percetakan yang lebih murah) akan memiliki palet warna terbatas untuk Anda gunakan.

Cetak Digital vs Cetak Offset

Jenis apa yang digunakan percetakan Anda? Jika mereka melakukan cetak offset, berapakah minimum ordernya? Bagaimana skala biaya biayanya? Sesuaikah dengan budget dan rencana bisnis Anda?